Beranda

K

Apa itu Endorse? Berikut Penjelasannya dan Keuntungan yang Didapat!

Apa itu Endorse? Berikut Penjelasannya dan Keuntungan yang Didapat!

Di era digital ini, ada berbagai jenis pemasaran media sosial. Salah satunya adalah endorsement atau endorse. Jadi apa sebenarnya endorse itu? Endorse adalah bentuk iklan yang bermitra dengan tokoh atau selebriti dengan tingkat pengakuan, kepercayaan, atau rasa hormat. Semakin tinggi jumlah pelanggan, semakin tinggi biaya persetujuan.

Nah untuk mengetahui lebih jauh apa itu endorse, berikut jenis-jenis endorse:

1. Selebritis 

Endorsement selebriti melibatkan selebriti individu yang mengekspresikan dukungan dan pandangan mereka tentang perusahaan atau produk. Ini adalah salah satu jenis dukungan yang paling umum, karena selebriti sering memiliki jangkauan yang luas di kalangan masyarakat umum.

 

2. Selebgram atau Influencer 

Kemudian ada endorse yang dilakukan dengan selebgram atau influencer. Seorang selebgram atau influencer biasanya adalah individu dengan banyak pengikut di jejaring sosial mereka. Endorse untuk selebriti atau influencer dapat berupa postingan yang mempromosikan dan menjelaskan detail tentang perusahaan atau produk melalui konten media sosial mereka.

 

3. Expert 

Jenis endorse selanjutnya adalah expert atau iklan yang dibuat oleh orang yang ahli dalam bidang tertentu. Keahlian karakter umumnya akan selaras dengan produk atau layanan yang diiklankan. Berkat keahliannya, tokoh yang memiliki kemampuan untuk menarik pelanggan dari setiap unduhan.

 

4. Testimonial

Selain itu, ada semacam endorse testimonial yang dilakukan oleh orang-orang yang menggunakan produk tersebut. Jadi itu berasal dari masyarakat umum dan sifatnya netral. Orang-orang ini akan diundang untuk memberikan ulasan produk yang jujur ​​dan membagikannya kepada publik. Cara beriklan ini dinilai cukup efektif karena orang cenderung lebih percaya pada orang biasa daripada selebriti atau selebgram.

 

Setelah mengetahui jenis-jenis endorsement, kini saatnya membahas manfaat yang kamu dapatkan dari menerapkan endorsement untuk bisnis kamu.

Apa saja keuntungan yang bisa kamu nikmati, berikut penjelasannya:

 

1. Membangun Brand Awareness

Salah satu manfaat menjalankan endorse adalah meningkatkan brand awareness di kalangan masyarakat umum. Semakin banyak keterlibatan yang kamu miliki, semakin menarik dan dapat dikenali merek kamu.

 

2. Promosi yang Efektif

Kolaborasi referral dengan selebriti, selebgram, influencer atau orang terkenal lainnya juga merupakan metode promosi yang efektif. Berkolaborasi dengan selebriti di iklan kamu juga meningkatkan ingatan iklan konsumen, membantu merek untuk lebih sering diingat.

 

3. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Dengan mendapatkan endorse, kamu juga dapat meningkatkan reputasi bisnis. Ini karena kamu beriklan dengan influencer dan tingkat kepercayaan yang tinggi. Kemudian orang juga akan penasaran dan mempercayai brand kamu, bukan hanya brand kamu yang bisa viral.

 

4. Meningkatkan Penjualan

Saat kamu endorse, produk kamu juga berpotensi meningkatkan penjualan. Memang, orang akan penasaran dan mempercayai selebriti, selebgram atau influencer yang mereka ikuti. Promosi kreatif yang dilakukan oleh selebritis atau selebgram juga berpengaruh, sehingga masyarakat lebih mengenal produk tersebut.

Share